Friday 12 April 2019

Inflasi dan Kemiskinan dalam Suatu Negara

Pengertian Inflasi, Revaluasi, Devisa Umum, dan Valuta Asing


Hasil gambar untuk inflasiA. Inflasi
Inflasi merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dapat dikatakan juga bahwa Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.

B. Revaluasi
Revaluasi adalah meningkatnya nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang luar negeri. Jika hal tersebut terjadi, maka pemerintah melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam negeri tetap stabil. Revaluasi juga merujuk kepada kebijakan pemerintah.

C. Devisa Umum
Devisa Umum adalah devisa yang didapat dari kegiatan ekspor, penjualan jasa serta bunga modal.

D. Valuta Asing
Valuta Asing adalah mata uang yang dapat diterima oleh hampir semua negara di dunia dan dapat diperjualbelikan.

Inflasi Tidak Selalu Merugikan
Hasil gambar untuk inflasiMenurut saya, inflasi yang terjadi dalam suatu negara tidak selalu merugikan negara tersebut, karena selain berdampak negatif inflasi juga memiliki dampak positif, tergantung parah atau tidaknya inflasi yang terjadi dalam suatu negara tersebut. Apabila inflasi itu ringan, maka inflasi itu mempunyai pengaruh yang positif yang dapat mendorong perekonomian suatu negara menjadi lebih baik dari sebelumnya, yaitu  dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuat masyarakat menjadi semakin bersemangat untuk bekerja lebih keras, menabung dan mengadakan investasi. Bahkan dengan adanya inflasi, harga tanah dan properti yang dijual menjadi sangat cepat naik. Dengan semakin menurunnya nilai mata uang rupiah dan semakin tingginya kebutuhan tanah/properti maka hal tersebut akan mempercepat naiknya harga aset tersebut, demikian juga dengan nilai emas. Jika inflasi yang terjadi dalam suatu negara hanya sebesar satu persen atau bahkan nol persen per tahun. Maka investasi di bidang properti atau emas tersebut akan sangat lambat dan tentu saja lebih beresiko bahkan dapat gagal jika diteruskan lebih lama. Ada juga beberapa manfaat inflasi, yaitu sebagai indikator untuk penentuan kebijakan penetapan harga beberapa komoditas tertentu yang ada dalam suatu negara, dapat juga sebagai bahan penentuan kebijakan dalam mengatur kelancaran arus distribusi barang, apabila diketahui bahwa salah satu penyebab kenaikan harga terjadi karena terganggunya kelancaran distribusi barang, dan bahkan untuk bahan penentuan kebijakan impor dan sebagainya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi dalam Perekonomian Suatu Negara
1. Suku Bunga
Suku bunga merupakan faktor yang sangat penting dalam menarik investasi karena sebagian besar investasi biasanya dibiayai dari pinjaman bank. Jika suku bunga pinjaman turun maka akan mendorong investor untuk meminjam modal dan dengan pinjaman modal tersebut maka ia akan melakukan investasi.

2. Pendapatan nasional per kapita untuk tingkat negara (nasional) dan PDRB per kapita untuk tingkat propinsi dan Kabupaten atau Kota
Pendapatan nasional per kapita dan PDRB per kapita merupakan cermin dari daya beli masyarakat atau pasar. Makin tinggi daya beli masyarakat suatu negara atau daerah (yang dicerminkan oleh pendapatan nasional per kapita atau PDRB per kapita) maka akan makin menarik negara atau daerah tersebut untuk berinvestasi.

3. Kondisi sarana dan prasarana
Prasarana dan sarana pendukung tersebut meliputi sarana dan prasarana transportasi, komunikasi, utilitas, pembuangan limbah dan lain-lain. Sarana dan prasarana transportasi contohnya antara lain: jalan, terminal, pelabuhan, bandar udara dan lain-lain. Sarana dan prasarana telekomunikasi contohnya: jaringan telepon kabel maupun nirkabel, jaringan internet, prasarana dan sarana pos. Sedangkan contoh dari utilitas adalah tersedianya air bersih, listrik dan lain-lain.

4. Birokrasi perizinan
Birokrasi perizinan merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi investasi karena birokrasi yang panjang memperbesar biaya bagi investor. Birokrasi yang panjang akan memperbesar biaya bagi pengusaha karena akan memperpanjang waktu berurusan dengan aparat. Padahal bagi pengusaha, waktu adalah uang. Kemungkinan yang lain, birokrasi yang panjang membuka peluang oknum aparat pemerintah untuk menarik suap dari para pengusaha dalam rangka memperpendek birokrasi tersebut.

5. Kualitas sumberdaya manusia
Manusia yang berkualitas akhir-akhir ini merupakan daya tarik investasi yang cukup penting. Sebabnya adalah teknologi yang dipakai oleh para pengusaha makin lama makin modern. Teknologi modern tersebut menuntut ketrampilan lebih dari tenaga kerja.

Pengertian Kemiskinan dan Garis Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global.

Garis Kemiskinan atau batas kemiskinan adalah tingkat minimum pendapatan yang dianggap perlu dipenuhi untuk memperoleh standar hidup yang mencukupi di suatu negara.


Penyebab dan Dampak Kemiskinan di Indonesia
A. Faktor Penyebab Kemiskinan
1. Laju Pertumbuhan Penduduk
Hasil gambar untuk kemiskinan animasi
2. Angka Pengangguran Tinggi
3. Tingkat Pendidikan yang Rendah
4. Bencana Alam
5. Distribusi yang Tidak Merata

B. Dampak Kemiskinan
1. Kriminalitas Meningkat
2. Angka Kematian yang Tinggi
3. Akses Pendidikan Tertutup
4. Pengangguran Semakin Banyak
5. Munculnya Konflik di Masyarakat








Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Inflasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Revaluasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Devisa
http://lindapushyy.blogspot.com/2013/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Garis_kemiskinan
https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-kemiskinan.html

No comments:

Post a Comment

16 Tense Passive Voice

  Nama: Livya Julianty Kelas: 3EB03 NPM: 23218815 Passive Voice Livya selalu mengkombinasikan teknik pemasaran dengan penerapannya   1. Simp...