Friday 12 April 2019

Sistem Ekonomi Indonesia


 

            Sistem adalah suatu kesatuan, baik obyek nyata atau abstrak yang terdiri dari berbagai komponen atau unsur yang saling berkaitan, saling tergantung, saling mendukung, dan secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Sedangkan Sistem Ekonomi adalah suatu sistem yang dipakai oleh sebuah negara, baik itu pemerintah maupun swasta, untuk mengelola semua aktivitas perekonomian di masyarakat dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat.


            Menurut kami sistem ekonomi menjadi bagian yang penting dari penyelenggaraan negara. Sistem ekonomi mengatur kondisi perekonomian suatu negara berdasarkan kondisi negara yang bersangkutan. Alasan sistem ekonomi sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan suatu negara yaitu karena sistem ekonomi merupakan suatu cara yang diterapkan pada suatu negara ketika masyarakat dan pemerintah memiliki masalah-masalah yang dihadapi saat menjalankan kegiatan ekonomi. Sistem ekonomi pada setiap negara berbeda-beda, tergantung dari keputusan dalam pemilikan produksi,distribusi, dan konsumsi yang dilakukan. Tujuan sistem ekonomi pada setiap negara sama yaitu bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, mencapai kestabilan ekonomi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta dapat meratakan pendapatan diantara berbagai golongan dan lapisan masyarakat. Selain itu sistem ekonomi juga bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya yang dikuasainya baik untuk perorangan ataupun instansi di negara Indonesia.


            Antara sistem ekonomi dan sistem politik dapat diibaratkan dua sisi mata uang. Menurut kami setuju, karena antara sistem ekonomi dan sistem politik memang saling berkaitan satu sama lain sama halnya dengan dua sisi mata uang, yang tidak dapat dipisahkan atau dilepaskan. Setiap sistem politik sangat membutuhkan sistem ekonomi untuk mengatur dan mengurus semua urusan ekonomi atau keuangan dalam suatu politik. Apabila hanya ada sistem ekonomi dan tidak ada sistem politik maka akan terjadi kesenjangan sosial atau kondisi di suatu negara tidak stabil. Jika sistem politik terus dikembangkan namun sistem ekonomi tidak, maka akan terjadi kekacauan. Karena sistem ekonomi terkait proses jual beli bahkan terkait kebutuhan yang mempunyai sifat wajib. Maka dapat disimpulkan bahwa antara sistem ekonomi dan sistem politik sangat erat kaitannya yaitu sistem ekonomi mencakup tatanan dalam kehidupan yang menjadi dasar dari proses kehidupan dan sistem politik untuk mengatur sistem ekonomi agar dapat berjalan dengan baik.



Anggota Kelompok:

1. Andra Rizky Imandasari
2. Livya Julianty
3. Shintya






2 comments:

16 Tense Passive Voice

  Nama: Livya Julianty Kelas: 3EB03 NPM: 23218815 Passive Voice Livya selalu mengkombinasikan teknik pemasaran dengan penerapannya   1. Simp...