Tuesday 30 April 2019

Sektor Pertanian, Industri dan Jasa

Gambar terkait       


Kelebihan dan Kekurangan dari Sektor Pertanian, Jasa dan Industri

No.
Sektor
Kelebihan
Kekurangan
1.
Pertanian
Memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya jika harga pada produk pertanian berubah baik itu semakin murah ataupun semakin mahal, masyarakat akan tetep membeli produk pertanian.
Produksinya konstan, yang berarti sangat sulit untuk ditingkatkan dan memiliki investasi yang mahal.
2.
Jasa

Dapat meraih keuntungan tinggi dengan frekuensi aktivitas yang lebih sering, apalagi jika jasa-jasa yang terdapat dalam negeri ini mempunyai kemampuan lebih dalam setiap bidangnya bekerja.
Pada pasar persaingan sempurna, setiap orang akan berkompetisi untuk menurunkan harga serendah mungkin, hal ini karena elastisitas permintaan yang tinggi, atau pada saat harga berubah sedikit saja maka permintaan akan berubah drastis 

3.
Industri
1. Merupakan salah satu penopang perekonomian bangsa karena mempunyai jumlah skala yang sangat besar, dapat juga mengurangi pengangguran yang ada didalam negeri, dan dapat menjadi transfer teknologi.

2. Menghubungkan daerah terpencil dengan infrastruktur & pelayanan dasar dalam menyebarkan manfaat pembangunan secara luas. Pembangunan yang telah merata di tiap-tiap wilayah akan mempermudah pembangunan sarana infrastruktur yang baik.
 1. Investasi yang tinggi, dan sangat sensitif terhadap kondisi makro seperti deflasi.

2. Dapat mengakibatkan eksploitasi sumber daya alam dan  pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran. Akibatnya akan berdampak buruk bagi alam sekitar, misalnya eksploitasi hasil tambang, hal tersebut akan merusak daerah yang menjadi tempat galian tambang emas dan akan sulit untuk di perbaharui kembali seperti semula.

Terjadi Pembangunan tanpa Adanya Perubahan Struktur Ekonomi
Menurut pendapat saya, pembangunan tidak dapat terjadi tanpa adanya perubahan struktur ekonomi karena jika suatu negara tidak mengubah struktur ekonominya maka tidak akan dapat melakukan pembangunan, pembangunan sangat memengaruhi struktur ekonomi, salah satu alasanya adalah untuk memajukan perkembangan teknologi suatu negara. Suatu negara dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan negara tersebut dikarenakan teknologi yang semakin mempermudah perkerjaan masyarakat yang akan berdampak pada ketenagakerjaan. Dampak tersebut merupakan perubahan struktur ekonomi dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang berdampingan dengan pembangunan ekonomi suatu negara.untuk itu perlu adanya perubahan struktur ekonomi agar pembangunan yang dilakukan dalam suatu negara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Terjadi Perubahan Struktur Ekonomi dalam Proses Pembangunan
Perubahan struktur ekonomi dalam proses pembangunan terjadi karena setiap pembangunan yang dilaksanakan pada suatu negara dalam jangka panjang maupun jangka yang terbilang pendek akan membawa suatu perubahan yang mendasar dalam struktur ekonominya, yakni dari sektor ekonomi yang tradisional akan menjadi suatu sektor ekonomi yang modern, sektor ekonomi yang modern ini pastinya dibantu oleh teknologi-teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahunnya. Bahkan sektor-sektor lain seperti industri, petanian dan jasa juga akan ikut menjadi sektor modern, karena adanya tekonologi yang masuk dalam negara tersebut. Perubahan struktur ekonomi ini diperlukan setiap negara untuk memperlancar kelangsungan hidup masyarakatnya, seperti dapat mempermudah setiap pekerjaan yang ada juga karena setiap negara memiliki keberadaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda-beda.

Tanggapan mengenai “Pembangunan yang Hanya Mengejar Pertumbuhan Tidak akan Menghiraukan Kelestarian Lingkungan”
Menurut pendapat saya, saya kurang setuju apabila pembangunan yang hanya mengejar pertumbuhan tidak akan menghiraukan kelestarian lingkungan. Karena setiap pembangunan yang dilaksanakan pada suatu negara itu memang baik adanya karena dapat mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara, namun apabila pembangunan tersebut dilakukan tanpa mementingkan kelestarian lingkungan sekitar, maka lingkungan yang asri akan semakin kurang. Kita sebagai makhluk hidup tentunya masing sangat memerlukan udara yang segar dan asri, pembangunan yang dilaksanakan dalam suatu negara akan menimbulkan semakin banyak polusi udara bahkan kekeringan apabila kelestarian suatu lingkungan tersebut dirusak. Pembangunan itu memang penting dilaksanakan, namun ada baiknya jika kelestarian lingkungan juga diperhatikan, agar tidak mengganggu kenyamanan.


Hasil gambar untuk sektor pertanian animasi









Sumber:
https://brainly.co.id/tugas/2321408
http://mascerdas.blogspot.com/2015/10/kelebihan-dan-kelemahan-pola.html

No comments:

Post a Comment

16 Tense Passive Voice

  Nama: Livya Julianty Kelas: 3EB03 NPM: 23218815 Passive Voice Livya selalu mengkombinasikan teknik pemasaran dengan penerapannya   1. Simp...