Thursday 22 November 2018

Organisasi dan Bisnis




Pentingnya Kejujuran dalam Menjalankan Bisnis        
Dalam sebuah usaha/bisnis sangat diperlukan sebuah kejujuran. Sebuah kejujuran ini merupakan suatu faktor yang menyebabkan bisnis kita dapat maju dan berkembang, tanpa adanya kejujuran itu sendiri para konsumen tidak akan percaya pada bisnis yang kita jalankan. Saya tidak setuju apabila dikatakan bahwa sebuah kejujuran dapat membuat bisnis/usaha yang kita jalankan sulit untuk maju dan berkembang, karena dengan adanya kejujuran para kosumen akan lebih percaya dan mungkin akan menjadi pelanggan setia di bisnis/usaha yang kita jalankan ini, konsumen juga tidak akan merasakan kerugian jika kita berusaha/berbisnis dengan jujur. Kejujuran itu sendiri juga dapat menjaga nama baik bisnis yang kita jalankan bahkan mungkin bisnis yang kita jalankan ini akan bertahan dengan waktu yang cukup lama. 


Pengertian Organinasi

            Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkunga), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Misalnya Organisasi Negara dan Organisasi Sekolah.


Pentingnya Organisasi dalam Bisnis

            Organisasi sangat penting dalam dunia bisnis, karena dengan adanya organisasi tersebut akan membantu dan mempermudah setiap bisnis yang kita jalankan, baik dari segi mengatur keluar masuknya uang, merencanakan produk yang akan dijual, tempat yang dibutuhkan untuk berbisnis, menentukan harga produk yang akan dijual kepada konsumen, promosi produk yang kita jual, selera setiap konsumen pada produk yang dijual bahkan merencanakan kepada siapa kita akan menjual produk-produk tersebut. Peran organisasi yang begitu penting dapat membuat setiap bisnis yang kita jalankan akan semakin baik dan lancar apabila organisasi tersebut dijalankan dengan baik dan benar. Tanpa adanya organisasi yang baik kemungkinan bisnis kita tidak akan maju dan berkembang. 


Perbedaan Tanggung Jawab dan Pertanggungjawaban

1. Tanggung jawab adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh setiap individu yang berdasarkan atas kewajiban maupun panggilan hati seseorang, sedangkan pertanggungjawaban dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

2. Tanggung jawab suatu keharusan bagi seseorang untuk melaksanakan apa yang telah diwajibkan kepadanya. sedangkan pertanggungjawaban harus mempunyai dasar, yaitu hal yang menyebabkan timbulnya hak hukum bagi seseorang untuk menuntut orang lain.

3. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja, sedankan pertanggungjawaban adalah kemampuan memberikan jawaban (answerability), yang dapat dipersalahkan (blameworthiness) dan yang mempunyai ketidakbebasan (liability).


Perkembangan Bisnis Kecil dan Besar di Indonesia

Di Indonesia, UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Program pengembangan industri rumah tangga, industri kecil dan menengah diarahkan pelaksanaannya untuk menumbuh kembangkan kegiatan usaha ekonomi skala kecil yang produktif, serta untuk mendukung perluasan kesempatan kerja dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan. Pengembangan industri kecil telah dilaksanakan melalui pola pengembangan sentra industri yang tersebar di 33 propinsi, khususnya industri kecil kerajinan dan rumah tangga yang berlokasi di perdesaan. Pendekatan ini diharapkan membuat berkembangnya industri kecil menjadi lebih efektif, karena selain para perajin tidak perlu disediakan lokasi khusus, juga pengadaan bahan baku, penyediaan informasi, bantuan teknologi, serta pembinaan kelembagaan usaha, dapat berlangsung lebih efisien, terarah dan terpadu. Pengembangan industri kecil yang dilaksanakan melalui sentra industri memberikan dampak positif terhadap penumbuhan unit usaha baru dan wirausaha baru, terutama di perdesaan. Dengan dukungan iklim usaha yang makin membaik, jumlah unit usaha industri kecil memperlihatkan peningkatan dari tahun ke tahun.








Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

https://brainly.co.id/tugas/2245009

https://www.apaarti.com/pertanggungjawaban.html

http://pariwisataindonesiablog.blogspot.com/2012/04/perkembangan-usaha-kecil-menengah-di.html

No comments:

Post a Comment

16 Tense Passive Voice

  Nama: Livya Julianty Kelas: 3EB03 NPM: 23218815 Passive Voice Livya selalu mengkombinasikan teknik pemasaran dengan penerapannya   1. Simp...