Monday 29 October 2018

Mengenal Bisnis





            Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Bisnis diklarifikasikan menjadi beberapa, yaitu:
1. Manufaktur
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan.
2. Bisnis Jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
3. Pengecer dan Distributor
adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
4. Bisnis Pertanian dan Pertambangan
adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
5. Bisnis Finansial
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
6. Bisnis Informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas
adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, danbiasanya didanai oleh pemerintah.
            Adapun bisnis dilihat dari tujuannya, yaitu bisnis yang mengejar laba dan yang tidak mengejar lama. Perbedannya sebagai berikut:
1. Bisnis yang mencari laba biasanya hasil barang dagangan yang di jual biasanya untuk keperluan pribadi. Sedangkan bisnis yang tidak mencari laba biasanya bergerak dalam lembaga sosial yang tujuannya untu membantu sesama.
2. Bisnis yang mencari laba bersifat informal sedangkan bisnis yang tidak mencari laba bersifat formal.
3. Bisnis yang mencari laba bersifat individu/sekelompok orang, sedangkan bisnis yang tidak mencari laba berhubungan dengan aktivitas sosial.
4. Bisnis yang mencari laba memikirkan kemakmuran diri sendiri, sedangkan bisnis yang tidak mencari  laba memikirkan kesejahteraan bersama.
          Dalam menjalankan bisnis, pasti berbagai masalah datang menghampiri. Berikut adalah permasalahan yang sering dihadapi para produsen:
1. Waktu
Waktu adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi produsen. Banyak pengusaha yang tidak bisa membagi waktunya dengan baik sehingga menyebabkan si produsen jatuh sakit karena terlalu banyak memikirkan pekerjaan.

2. Kurang Percaya Diri
Banyak produsen yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa ia memiliki sebuah bisnis. Hal ini biasanya terjadi ketika baru memulai bisnis dan bisnisnya masih kecil ataupun belum berkembang. Karena kurang percaya diri inilah produsen jadi tidak mudah dikenali oleh orang lain.
3. Tidak Adanya Dukungan Keluarga
Beberapa orang masih berpikir berbisnis itu bukanlah zona aman dan bisa memberikan kerugian besar. Hal inilah yang membuat banyak keluarga tidak mendukung anggota keluarganya memulai bisnis. Padahal, dukungan keluargalah yang dapat mendorong untuk menjalankan sebuah bisnis.

4. Perang Harga
Banyaknya pesaing yang berani memberikan harga lebih murah, membuat para produsen ingin menurunkan harga jual. Dengan menurunkan harga, otomatis margin keuntungan yang didapat menjadi kecil.

5. Manajemen Keuangan yang Buruk
Keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dikelola dengan bijak untuk kelangsungan perusahaan. Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, pendapatan dan pengeluaran tidak akan terkontrol, sehingga bisa menyebabkan kebangkrutan.





Wikipedia."Bisnis".https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
ALrauzy Herza."Pengertian dan Klasifikasi Bisnis".https://id.scribd.com/doc/50010940/Pengertian-Dan-Klasifikasi-Bisnis
Suryania, Ayu. 25 Oktober 2014. "Perbedaan Bisnis yang Mengejar Keuntungan dan yang Tidak".http://ayu-suryania.blogspot.com/2014/10/perbedaan-bisnis-yang-mengejar.html
Utami, Novia Widya. 2 Desember 2017."Masalah Bisnis yang Sering Terjadi dan Bagaimana Solusinya".https://www.jurnal.id/id/blog/2017/6-masalah-bisnis-yang-sering-terjadi-dan-bagaimana-solusinya



No comments:

Post a Comment

16 Tense Passive Voice

  Nama: Livya Julianty Kelas: 3EB03 NPM: 23218815 Passive Voice Livya selalu mengkombinasikan teknik pemasaran dengan penerapannya   1. Simp...